• +62 815-1522-2102

Profile

Universitas Airlangga didirikan pada tanggal 10 November 1954 berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 57 Tahun 1954 tentang Pendirian Universitas Airlangga, yang diubah dengan Peraturan Pemerintah No. 3 Tahun 1955.


Universitas Airlangga diselenggarakan berdasarkan atas azas universal dan objektif dalam pengembangan ilmu pengetahuan untuk mencapai kebenaran, kebebasan akademik, kemanfaatan, dan keadaban. Pada saat ini Universitas Airlangga memiliki 14 fakultas dan 1 program pascasarjana dan memiliki 127 program studi (prodi) dari berbagai jenjang, meliputi program akademik, vokasi, dan spesialis.


Pusat Penelitian dan Pengembangan Stem Cell merupakan salah satu unsur penunjang Universitas Airlangga yang mempunyai tugas utama melakukan penelitian dan pengembangan dibidang stem cell dan produk-produk stem cell terkait.
Pusat Penelitian dan Pengembangan Stem Cell merupakan hasil kolaborasi antara Universitas Airlangga dengan RSUD Dr. Soetomo yang dimulai dari tahun 1990 diawali dengan pembentukan bank jaringan yang bergerak dalam bidang biomaterial memproduksi scafold untuk pasien trauma.

 

Pada tahun 1998 berdiri laboratorium Culture Cell di bawah Lembaga Penyakit Tropik Universitas Airlangga, laboratorium ini berfungsi untuk penelitian penelitian kultur sel bagi mahasiswa, baik S1, S2, maupun S3. Tahun 2000 bank jaringan berubah menjadi biomaterial center – tissue bank di RSUD Dr. Soetomo dimana pada tahun 2006 berubah menjadi instalasi of biomaterial center – tissue bank. Kolaborasi untuk stem cell di Universitas Airlangga dan RSUD Dr. Soetomo sudah berjalan sejak awal, tetapi baru dilegalkan pada tahun 2007 dengan adanya pertemuan antara Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga dengan Direktur RSUD Dr. Soetomo dan Kepala Departemen.

 

Tahun 2008 laboratorium culture cell berkembang menjadi laboratorium stem cell. Tahun 2011 dibentuk suatu wadah untuk riset stem cell baik invitro, animal model maupun clinical trial (Regenerative Medicine Center & Stem Cells) yang merupakan kolaborasi antara laboratorium Stem Cell Universitas Airlangga, Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga dan RSUD Dr. Soetomo. Tahun 2013 biomaterial center – tissue bank Dr. Soetomo menjadi Installation of Cell and Tissue Bank. Laboratorium Stem Cell pada tahun 2015 berdasarkan SK Rektor Nomor 2356/UN 3/2015 menjadi suatu instansi tersendiri dibawah rektor menjadi Pusat Penelitian dan Pengembangan Stem Cell Universitas Airlangga.


 
Visi, Misi , dan Tujuan Pusat Penelitian dan Pengembangan Stem Cell

Pusat Penelitian dan Pengembangan Stem Cell memiliki visi, misi, tujuan dan strategi pencapaian sebagai berikut :

 

Visi

Menjadi Pusat Penelitian dan Pengembangan Stem Cell terkemuka dan berstandar Internasional dalam bidang Penelitian, Pengujian/analisa dan Pelatihan Laboratorium untuk mendukung Universitas Airlangga.

 

Misi

a.    Menyediakan sarana prasarana untuk kegiatan penelitian dan pengembangan stem cell untuk universitas, instansi/lembaga penelitian, dan masyarakat.

b.    Menjadi pusat penelitian dan pengembangan stem cell yang memberikan jasa pelayanan yang berkualitas dan berstandar nasional.

c.    Menyediakan layanan penelitian dan pengembangan yang berkelanjutan dalam bidang stem cell untuk universitas, instansi/lembaga penelitian, dan masyarakat.

d.    Menyediakan sumber daya yang kompeten dan berkualitas dalam keperluan riset.

e.    Melakukan kerjasama dalam bidang penelitian, pelatihan, pengujian, dan analisis dengan instansi dalam maupun luar negeri.

Tujuan

a.       Meningkatkan jumlah penelitian sel punca

b.      Mensupport penelitian sel punca yang berkelanjutan.

c.       Meningkatkan kolaborasi riset dalam bidang stem cell dalam dan luar negeri.

d.      Meningkatkan perolehan jumlah hak paten/HKI dalam bidang Stem Cell.

e.       Meningkatkan pemahaman kepada masyarakat tentang aspek pengobatan dan manfaat Stem Cell.

f.        Mengembangkan keilmuan dan produk unggulan dalam bentuk produksi stem cell dan metabolit aktifnya.

 

Strategi Pencapaian

Strategi Pencapaian merupakan pedoman kerja untuk mewujudkan tercapainya visi, misi dan tujuan Pusat Penelitian dan Pengembangan Stem Cell, yaitu :

 

a.    Pembangunan Laboratorium bersertifikasi GLP.

b.    Pembangunan Kandang Hewan Coba bersertifikasi SPF

c.    Pelatihan untuk meningkatkan kualitas SDM.

d.    Penyelenggaraan acara ilmiah (Workshop, Seminar, Symposium) secara berkala.

e.    Menjalin kerjasama dengan Instansi/Lembaga baik Dalam Negeri maupun Luar Negeri.

 



Sambutan Ketua Stem Cell

 

Stem Cell Research and Development Centre merupakan suatu pusat studi untuk pengembangan dan penelitian Stem Cell dibawah Universitas Airlangga. Lembaga ini memiliki tujuan untuk mengampu baik penelitian dasar maupun penelitian transisional di bidang Stem Cell dan tissue engineering. Didalam perjalannya Stem Cell Research and Development Centre berkolaborasi dengan cell and tissue bank RSUD Dr. Soetomo Surabaya, dengan pengembangan lebih lanjut kearah tansisional research untuk pelayanan berbasis penelitian yang sudah dikembangkan dengan legalitas dari Kementrian Kesehatan Republik