• +62 815-1522-2102

Teaching Industry

Teaching Industry

Teaching Industry bukanlah suatu “Industri Pendidikan”, melainkan suatu industri yang dipakai untuk proses pendidikan. Profil perguruan tinggi pengusul teaching industry adalah Universitas Airlangga yang mempunyai tradisi kuat dalam bidang kesehatan, antara basic dan clinic science. Unair embaded dengan RSUD. Dr. Soetomo telah memiliki bank jaringan yang telah melayani seluruh kebutuhan nasional mulai dari sabang sampai merauke sejak tahun 1990, kemudian ditunjang dengan pengembangan tissue culture di Institute of Tropical Disease sejak tahun 1998, yang selanjutnya bergabung menjadi pusat Surabaya regenerative medicine dan stem cell, yang menggerakkan pruksi sel dan tissue dalam penggabungan ini sekarang dikembangkan menjadi tissue engineering untuk pelayanan di bidang orthopedic dan traumatologi.

Unair juga sebagai salah satu pioneer dalam aplikasi stem cell di Indonesia mulai dari basic sampai pada tingkat translasional dan aplikasi stem cell di RSUD. Dr. Soetomo sesuai dengan Peraturan Kemenkes RI. Dalam pendidikan Pusat Regenerative Medicine dan Stem Cell, serta Pusat Pengembangan dan Riset Stem cell telah meluluskan 26 doktor, 70 PPDS, serta 35 S1 dan S2. Dan stem cell merupakan mata kuliah di tingkat s2 imunologi, dan doctoral (S3) di Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga.

Penelitian di bidang stem cell telah banyak menghasilkan publikasi di jurnal nasional dan internasional, dan serta mendapat invitasi diberbagai event di berbagai Negara, di USA, Eropa, Australia, Thailand, China. Pusat stem cell telah mengadakan workshop untuk ikut membangun SDM ditingkat nasional telah melaksanakan workshop sampai pada batch k 11 yang telah diikuti dari berbagai perguruan tinggi dan rumah sakit sejak 2008 di kembangkan pusat stem cell di Universitas Airlangga. Pusat stem cell telah menghasilkan 3 buku referensi atau guide isolasi dan eksplorasi stem cell, serta model aplikasinya dalam menggunakan mesenchymal stem cell. Kegiatan di atas merupakan penjabaran dari visi dan misi Universitas Airlangga yang didukung oleh struktur perguruan tinggi fleksible sesuai dengan misinya sebagai world class university (WCU). Universitas Airlangga telah mengembangkan holding university yang telah memfasilitasi rencana strategis, dan Stem cell merupakan unggulan program universitas dari tahun 2016 sampai dengan 2020